Menjahit baju sendiri

Setelah puas main-main di pola kebaya seperti cerita saya sebelumnya di sini..maka kemudian (ahem) saya melanjutkan bermain lagi di pemasangan payet.

Motivasinya adalah..pas ke tukang jahit saya dikasih tau kalo kebaya yang ada payetnya minimal nambah ongkos 150 ribu rupiah. Trus lebih banyak payet nambah lagi jadi 250K, ada yang 450K juga tergantung jenis dan banyaknya payet.

Akhirnya, saya……..semedi!

Eh, nganu..maksudnya mengais-ngais ingatan pasang payet dan bertekad untuk melakukannya sendiri! Girl Power!!

Jadi dulu, duluuuu banget jaman-jamannya saya TK trus SD kelas 1 dan 2, ibu saya itu kerja sambilan pasang mote dan saya yang masih imut-imut waktu itu ikutan bantu ibu. Seingat saya, kegiatan itu mengasyikkan. Menghias dompet, sendal, baju..dll dengan mote. Barangnya jadi keliatan jadi lebih bagus 🙂

Trus waktu kuliah di Jogja itu..anaknya ibu kos kan jurusan fashion designer gitu, nah trus untuk tugas akhir-nya waktu itu harus bikin baju yang kemudian di peragakan di acara peragaan busana. Pas dia ngerjain itu baju, saya iseng-iseng bantuin..dan si mbak ngeliat hasil kerjaan saya menjahit dengan tangan dan masang mote (yang selanjutnya disebut payet) dia bilang “tu, punyamu kok lebih bagus dari aku. Bantuin aku masangin sisanya ya..”. Karena saya ga enakan nolak, akhirnya saya hias bajunya dengan mote, sendirian, semalem suntuk dihibur sama si mbak dengan obrolannya biar saya gak ketiduran katanyaa..he he. Dan kemudian, esoknya, sebagai upahnya (walau saya gak minta) adalah 10 biji onde-onde yang dibelikan di Malioboro. Gara-garanya saya penyuka onde-onde katanya.

>>Ini dia kenapa setiap liat penjual onde-onde saya inget kejadian itu 😀 <<

Nah balik lagi ke pemasangan payet, akhirnya saya milih beli payetnya sendiri di kisaran 15 – 40 ribu (tergantung kualitas) dan memasangnya sendiri di kebaya buatan saya.

Misalnya yang ini, yang payetnya cuma dipasang dengan tusuk jelujur. Satu garis aja. Di bagian bawah baju dan ujung lengan. Simpel tapi kelihatan berkelas..he he. Padahal modal kain katun 30ribuan/meter dan payet 15ribuan.

payet1

Trus, di baju yang lain payetnya gak cuma garis lurus tapi saya tambahin juga bentuk bunga. Cuma sedikit payetnya, karena ngerjainnya kira-kira 3 jaman sebelum acara ngaben-nya si mbah.

payet2

Bajunya jadi keliatan lebih elit..dengan kelap-kelip payetnya ketika kena sinar.

Sampai sekarang modifikasi kebayanya masih lanjut, tergantung mood, kebutuhan dan waktu 😀

—-

Kemudian singkat cerita main-mainnya nambah lagi ke pola baju biasa untuk diri sendiri.

Menurut saya, asalkan pola dasar udah ada (karena pola ini yang memberikan info ukuran badan 3D kita) trus kalo mau diubah-ubah jadi baju dengan bentuk dan variasi macam-macam udah tinggal mainin pola dasar tadi aja.

Bahkan yang ta liat dari mengikuti akun-akun brand kenamaan macem D*or, Herm*s, El*e Saab, R*lph&Russo dan akun-akun jahit menjahit yang bertebaran di sosial media…saya liat mereka bikin gaun nan mewah dan megah pun berawal dari pola dasar itu tadi.

Hasil modifikasi pola dasar yang saya kerjain contohnya adalah yang terinspirasi dari akun Espr*t yang waktu itu postingannya baju-baju bergaris untuk musim panas. Sayapun cus ke toko dan pilihannya jatuh pada kain jenis Katun Linen.

linen

Contoh lain adalah yang saya buat terakhir kemarin, yang bikinnya bener-bener spontan. Start dari jam 13:30 WITA, habis nganterin si ibu, trus tiba-tiba tring! muncul ide bikin baju (dress) sendiri untuk acara malamnya. Undangannya sih jam 18:30 WITA. Padahal awalnya rencana gak dateng!

Beda dengan yang baju berbahan katun linen di atas, yang emang udah kebayang gimana hasilnya. Sedangkan dress yang ini bener-bener gak kebayang gimana jadinya. Seinget saya, yang ada di pikian adalah..saya mesti pake kalung yang baru saya beli yang sedang saya cintai itu..huhu.. Jadi karena kalo dipake di leher kalungnya pendek dan ngebentuk huruf V, maka..leher baju yang akan saya buat haruslah berbentuk V dan lebih lebar..biar kalungnya keliatan! 😀 😀 Selebihnya, ide lainnya dapet pas sambil bikin pola.

20180810_125643

20180810_132910

Inilah dia hasilnya!

dress khaki

(tanpa pin di dada ya..)

Perut saya masih buncit waktu itu, karena pas hari itu masak banyak dan enak. Ada soto ayam, kacang ijo, pisang rai, rujak, dll..yang semuanya saya konsumsi dengan lahap. Berharap buncitnya berkurang pas acara, tapi takdir berkata lain. Tolong diabaikan pas bagian perut ya..

Bajunya selesai jam 19:00 WITA dan saya nyampe tempat undangan baru jam 20:15 WITA. What a day! Tapi senenglah…dressnya keliatan apik. Ibu saya pun seneng liatnya. Pas jadi, saya pakai dan tunjukin sambil loncat-loncatan. Kata ibu “kamu ini kayak masih umur 13 tahun aja..”. Iya, saking senengnya!

Bahannya katun warna khaki yang emang udah ada di rumah yang juga cuma 30 ribu/meter. Saya pilih ini dari beberapa kain yang saya punya di rumah, karena takut kalau-kalau bajunya gagal..biar saya gak nangis. Trus, sambil jahit, saya kepikiran nambahin ornamen dari kain lace Santili yang juga ada di kumpulan bahan yang saya punya.

Dengan waktu yang sesingkat itu, saya juga sempat nyobain teknik ‘inner facing‘ untuk jahit tepian lehernya biar lebih rapi. Belum sempurna, tapi karena facing-nya ada di bagian dalam…no body saw that! Overall, bajunya masih ada masalah di bagian leher..tapi masih oke pas dipake. Roknya saya buat dengan pola setengah lingkaran biar gampang. Trus, di pinggang ada tali dan diikat bentuk pita di bagian belakang. Sayang sekali karena warna dress ini termasuk yang monokrom, jadi talinya gak keliatan melingkar di pinggang. Aslinya keliatan kok, apalagi klo liatin bagian belakang yang ada pitanya..he he.

Dan, sementara saya ada di tempat acara waktu itu..kamar saya masih porak-porandaaa!

20180810_223810

Pulang-pulang akhirnya bebersih dulu sebelum bobo’.

Setelah baju Khaki di atas, saya kemudian lebih ngerti tentang ‘darts’. Baju berikut-nya sudah lebih baik, karena dibuat gak se-spontan yang Khaki. Yang ini dibelikan kain sama adik Komang. Kain batik Pekalongan katanya, spesial untuk kakaknya, he he..

baju 4

Kemudian, karena jaket motoran saya udah usang dan bulukan gitu..akhirnya nyoba bikin jaket sendiri. Pilihannya Bomber Jacket, berbahan Denim. Maafkan kantongnya ya, bener-bener pertama kali nyoba bikin “Welt Pocket” :’D

baju 3

Sempat bikin kembaran sama ibu juga.

baju 1

Sementara, semua ini saya kerjakan murni untuk seneng-seneng..untuk diri sendiri dan keluarga aja. Semua bermula dari rasa penasaran.

.

.

Ah, suksma Hyang Widhi.