Mengekstrak frame video dengan VLC player

Bagi yang gak punya aplikasi video editing yang memadai seperti saya, kali ini saya bagikan caranya mengekstrak frame video menggunakan VLC media player.

Ceritanya saat ini Matlab saya lagi ngambek, gak bisa buka file video dan saya lagi kepepet banget. Saya perlu masing-masing frame video-nya untuk dianalisa gitu…jadi keberadaan VLC sudah amat sangat membantu saya. Frame-frame-nya ini nanti akan disimpan berupa file gambar dengan format yang bisa ditentukan, misalnya: jpeg, bmp dan png.

Oh ya, sebagai catatan: saya menggunakan VLC versi 2.1.2 Rincewind.

Jadi..pertama-tama, siapkan kacangnya. Eh! Videonya maksud saya 😀

Trus buka aplikasi VLC media playernya dan pilih menu Tools –> Preferences hingga muncul tampilan begini

vlc1

pada bagian bawah, pilih opsi All untuk menampilkan Advanced Preferences seperti ini

vlc2

Scroll ke bawah hingga ketemu pilihan Filters (ada di sub-nya video) dan pada bagian window sebelah kanannya, centang pilihan Scene video filter.

Kemudian, klik lagi pada pilihan Filters yang ada di sub-nya Video tadi. Klik tanda panahnya hingga muncul lagi menu di bawah Filters. Scroll turun sampai ketemu Scene Filter. Di jendela sebelah kanan, silahkan inputkan format output image yang diinginkan. Misalnya “*.png”. Kemudian inputkan juga nama awalan file outputnya nanti, misalnya “scene”. Yang paling penting adalah jangan lupa memasukkan direktori tempat penyimpanan file image-nya yang dihasilkan pada box “Directory path prefix”. Dan yang terakhir dan tak kalah penting adalah Recording ratio yang harus diinputkan sesuai dengan jumlah frame rate video yang akan diproses. Dalam hal ini, frame rate saya adalah 25.

Sekedar tambahan info bagi yang belum tau, frame rate adalah jumlah frame dalam setiap detik-nya. Satuannya adalah fps (frame per second).

vlc3

Kalau bingung gak tau frame rate-nya berapa, cukup play videonya di VLC dan tekan Ctrl+J hingga muncul jendela

vlc30

dan gambar yang dilingkari di atas menunjukkan informasi jumlah frame rate-nya.

Balik lagi ke settingan sebelumnya setelah memasukkan Frame rate, kemudian tekan Save.

Play video-nya dari awal seperti biasa dan biarkan proses ekstraksi selesai.

vlc4

Cek folder tempat penyimpanan gambar yang sudah disetting tadi. Untuk video berdurasi 09:58 menit, saya memiliki total 489 gambar bertipe “*.png” yang adalah hasil ekstraksi frame dari video yang saya inputkan.

file

Untuk mengembalikan settingan VLC player, cukup pilih kembali menu Tools –> Preferences dan tekan tombol Reset Preferences.

Semoga bermanfaat 🙂