The Moments

Jadi waktu itu saya sama keponakan yang manis-manis ini main ke sungai. Mereka seneng bukan main tiap kali diajakin ke sungai..dan paling heboh itu kalo diajakin ke pantai.

Waktu itu matahari sebenarnya masih agak terik, makanya gak ada anak-anak lain yang main di sana. Jadilah..sungainya berasa milik kami.

Gara-gara ngomongin batu, akhirnya saya iseng melakukan yang namanya “rock balancing” seperti ini

balance

Memang belum profesional, tapi rock balancing ini adalah salah satu aplikasi pelajaran “Moments of forces” yang sedang bikin saya gregetan saat ini.

Ketika turning effect (moment) of a force pada kedua sisi setiap lempengan batu sama besarnya, maka batu akan seimbang. Dan posisi seimbang ini disebut dengan Equilibrium. Hasilnya seperti yang tampak pada gambar di atas.

Bila diketahui besaran force (tekanan) di kedua sisi masing-masing batu (F) dan jarak dari posisi pivotnya (d) , maka moment (M) -nya dapat dihitung dengan cara berikut
momen

Kata “Off by heart“-nya mengingatkan saya sama supervisor saya yang selalu bilang kalau rumus matematika itu mesti dipelajari dan diingatnya “by heart“. Beliau emang jago banget kalau soal rumus-rumusan.

Balik ke pembahasan tadi, selain itu yang perlu diperhatikan adalah center of mass-nya batu-batu tersebut. Karena bentuknya yang tidak simetris, maka center of mass-nya tidak di tengah-tengah. Untuk tumpukan batu yang saya kerjakan…saya menentukan center of mass-nya hanya menggunakan perasaan 😉 kan saya wanita..he he.

Inilah moment-moment bersama para ponakan dan theory of moments 😀