Singer-ku

Sebenernya, cita-cita pengen bisa jahit dan punya mesin jahit yang merk-nya Singer itu udah ada sejak lama. Lebih ngebetnya waktu dulu tinggal di Schottweg. Tiap pagi pas jalan mau ke kampus pasti lewat deretan pertokoan di sepanjang St. Georg. Salah satu tokonya ini toko alat-alat jahit. Dan yang dipajang salah satunya adalah mesin jahit merk Singer. Kadang-kadang saya stop di depan toko dan…liatin mesinnya dari luar dari balik kaca.

Ada satu foto pas saya ngeliatin itu, tapi udah dicariin gak ketemu 😥

Trus pas ultah tahun lalu, yang kepikiran untuk di ‘make a wish’ adalah..mesin jahit! 😀
3

akhirnya dibelikan mini sewing machine sama Komang, adik saya. Walaupun bukan merk impian…tapi lumayan, sempat dipake buat belajar masukin benang, belajar nginjek pedal, trus kelim lurus dan sebangsanya yang sederhana. Ini hal yang benar-benar dasar dan simpel yang emang saya belum bisa. Dulu pernah nyoba belajar jahit pake mesin punya bibi yang manual..tapi 2 3 kali nyoba, gagal terus. Entah benang kusutlah, jarum patahlah..dsb. Setelah itu gak pernah nyoba lagi sampai dibeliin Komang itu.

Tapi kemudian..gak berapa lama mesinnya rusak dan gak bisa dipakai lagi 😥

Waktu berlalu, tibalah ultah saya yang berikutnya di tahun ini. Lenchen yang biasanya ngirimin hadiah berupa barang, kali ini yang dikirimin mentahnya. Dan kalau dirupiahkan jumlahnya lumayan. Dia bilang:

20180613_092745

intinya, dikirimin uang dan mesti dibelikan sesuatu untuk hadiah ultah saya. Baik banget ini sohib saya. Waktu itu belum kepikiran mau beli apa, jadi saya iyain aja dan…ngucapin terima kasih tentunya. Vielen dank noch Mal süße :*

Di hari yang sama, saya ketemu bli Made dan Dessy. Bli Made tiba-tiba ngasih lembaran Euro juga dan dia bilang “Ini untuk kamu. Abis ini, lupakan kalo saya udah ngasi ini ke kamu ya..”. Kalo bli Made selalu bilang “Luh Putu ini orang Bali asli, orang Bali asli!”. Nah kalo bli Made ini orang Jerman asli. Dia bilang ada pepatah Jerman yang bilang kalo tangan kanan memberi, tangan kiri gak usah tau. Kalo gak salah itu artinya..setelah kita memberi orang lain (atau berbuat baik)..gak usah dibilang-bilang lagi atau diungkit-ungkit lagi. Gitu. Lupakan.

Beneran dia gitu. Soalnya pas kemudian ketemu lagi, saya bilang “Bli Made..makasih ya..udah dikasih uang waktu itu!” dan dia bilang “apa?? apa..uang apa? saya lupa..sudah lupa!” Hahaa..suksema bli!

Trus Desy juga pas kami belanja di hari yang sama..ngasih saya uang juga. Sebenernya uang kembalian tapi buat saya jumlahnya lumayan banyak. Udah ta paksa-paksa mau ta kembaliin, dipaksa buat saya simpen. Ya sudah..akhrinya saya terima saja.

Di hari itu, saya nerima cukup banyak uang. Saya pikir-pikir mau dibuat apa ya?

Singkat cerita kemudian, saya putuskan untuk membelikan semua pemberian itu sebuah mesin jahit impian. Saya bilang juga ke Lenchen, dan katanya ok.

Dan..akhirnya..mimpi jadi kenyataan. Ada mesin jahit turun dari langit! Tapi jatuhnya di toko dan mesti dijemput. Pas jemput mesti bawa uang buat yang punya toko udah jagain itu mesin..he he..dan uangnya dikasihkan sama Tuhan lewat teman-teman saya yang baik hatinya itu ^_^

20180325_071848

Walaupun capek muter-muter nyari mesin yang ‘jatuh dari langit itu’, di hari yang panas sepulang kerja, tapi saya tetep berbahagia tentunya 🙂

Suksema Omang, suksma Lena, suksma bli Made, suksma Desy…suksma Hyang Widhi, suksma semuanya :*