Kebaya: selalu ada yang pertama.

Hari raya Galungan dan Kuningan kali ini, saya pengeen banget punya kebaya hasil jahitan sendiri. Sempat terbersit pikiran buat ikut kursus jahit. Tapi setelah di-looking-looking ternyata harganya gak murah ya. Walaupun ada paket yang seumur hidup, tapi..enggaklah.

Kemudian saya putuskan untuk menjalani solusi termurah, yaitu belajar sendiri. Lewat Youtube, lewat internet. Berselantjar.

Mulai dari membuat “bodice” yaitu pola dasar. Saya ukur-ukur diri sendiri. Trus coba-coba buat sendiri. Sampai saat ini Bodice yang saya buat ada 3. Tiga kali mencoba..dan astungkara semuanya pas di badan. Cuma metodenya aja yang beda.

Kemudian dari bodice ini saya kembangkan ke pola kebaya Kutu Baru. Di bawah ini beberapa foto yang saya buat pas bikin pola dan mengkopikan polanya ke kain. Kain yang saya pakai mulai dari yang harganya murah, yaitu katun. Trus ningkat ke katun bermotif yang lebih mahal..dan terakhir saya pilih brokat. Brokatnya yang ini harganya lumayan juga, walau masih di bawah yang brokat Perancis. Tapi, udah berani gunting yang mahalan..artinya saya udah lebih pede. Sekarang, yang kain sutra juga sudah menunggu dan siap untuk dipotong 🙂

Koleksi foto-foto berikut isinya campur-campur ya..

 

This slideshow requires JavaScript.

Kalo dipikir-pikir saya belajarnya lumayan cepat. Dari nol banget soalnya. Ini karena guru-guru dan literatur yang saya temui di internet jelasinnya bagus banget jadi cepet ngertinya. Saya suka analisa dan diawali teori gitu. Misalkan bikin kerung lengan, kenapa bentuknya ada yang buat kayak lonceng dan kenapa ada yang buat lengkungan kurvanya biasa aja? Saya suka yang ada penjelasannya. Jadi nanti pas menggambar kurva jadi ngerti saya sedang ngapain dan kenapa saya pilih bentuk itu. Ya gitu-gitu deh. Kalo saya kursus jahit, bisa-bisa saya jadi murid paling cerewet dan dipulangkan lebih awal. Kasian gurunya kalo gak siap menghadapi murid kayak saya.

Sama kayak dulu saya kursus Bahasa Jerman (di Jerman), tutornya sampe bilang “Kalo kamu kebanyakan nanya, waktu saya cuma habis buat menjawab pertanyaan kamu. Mending kamu catat semua pertanyaanmu dan saya akan tulis jawabannya di rumah. Saya kasih kamu jawabannya di pertemuan berikutnya. ” Sayapun pulang dan gak balik lagi. Akhirnya saya belajarnya sendiri aja, dibantu teman-teman dan lingkungan yang mendukung..he he

Balik lagi ke menjahit. Menjahit ini merubah bidang 2 dimensi menjadi bentuk 3 dimensi. Pas banget sama desertasi saya, hi hi 😛

Sekarang saya sudah ngobras kainnya pake sepatu obras dan finishingnya sudah lebih baik. Ah kegiatan ini menyenangkan banget! Kayak main-mainan waktu masih kecil.

Dan, akhirnya pada rentetan hari raya Galungan dan Kuningan kali ini, saya sudah bisa mengenakan kebaya buatan sendiri :’)

4

Gambar di atas, foto dari dua kebaya pertama saya. Kebaya jenis Kutu Baru warna putih dari kain katun. Yang kiri adalah yang pertama. Setelah selesai saya baru sadar, lengannya turun sekitar 3 cm dan yang kedua sudah diperbaiki, walaupun masih agak turun, sekitar 0.5 sampai 1 cm. Tapi dua-duanya nyaman dipakai.

IMG_20180609_105539_385

Kemudian, yang berikutnya adalah kebaya dari bahan brokat. Ganti bahan, saya mesti lebih hati-hati. Karena brokat biasanya bisa mengkerut setelah dicuci dan setelah dipakai bisa melar gitu. Huhu…sebuah tantangan yang ngegemesin!

Kenapa judulnya tengah malam? Karena saya jahitnya sembunyi-sembunyi pemirsa! 😀 Ibu masih suka marah kalo saya gak konsen nyelesein desertasi. Jadi kalo siang saya beraktivitas seperti biasa, nah kalo pas ibu lagi tidur atau pulang kampung..di sanalah saya beraksi! Nakal, tapi..kalo gak gitu saya gak bisa bobok 😥

DSC_5034

Tuh lihat, projek saya tersimpan di kolong tempat tidur! ssstt jangan bilang-bilang tapinya! 😀

Dan semisal kancing yang mesti dijahit pake tangan, saya lakukan ketika ibu istirahat tidur siang. Ampun bu, sebentaarrr aja…

DSC_5062

Dan, karena dicicil begini, selesainya dalam waktu dua hari. Kalo dikerjain full, gak nyampe setengah hari selesai kok karena pola-nya udah ada. Tinggal make aja dan gak perlu ngukur-ngukur lagi.

DSC_5067

Dan ini hasilnya. Cukup bangga dan senang karena hasil dari jerih payah sendiri. Saya kenakan waktu otonan kemarin (semacam ulang tahun, tapi dari penganggalan kalender Bali). Karena pas otonan leluhur dan Kandapat dipanggil, sayapun membisikkan (dengan hati) ke Kandapat saya “ini kebaya hasil kita“.

Yang ini contoh kebaya hasil desain dan jahitan saya sendiri, yang berbahan sutra (caampurannya sutra-satin-georgette). Bahan ini licin dan sangat menantang buat saya yang masih bener-bener pemula. Syukurlah bajunya selesai dan bisa dipakai..he he

baju 2Suksma Hyang Widhi 🙂

One thought on “Kebaya: selalu ada yang pertama.

  1. Pingback: Menjahit baju sendiri | Tyang Luhtu

Comments are closed.