Roti jaman baheula

DSC_3576

Pulang dari kampus,

Iluh: “Pak..bapak, subo ajeng pak roti ane gae Iluh tuni?”,

Bapak: “subo, subo ajeng pak.”

Iluh: “Selamat!! bapak sudah mencicipi roti yang Iluh buat dengan menggunakan teknik kuno..tepatnya sekitar 3600 tahun Sebelum Masehi!

Bapak: “Mimih..”

Iluh: “Sajo pak! Iluh ane ngae ragi ne, alami. Bukan ragi buatan pabrik. Ane tiap hari aduk-aduk Iluh to lo..! Lima hari Iluh ngae ragi nawang.. Jaman dulu, nak kene bo kone carane nake ngae ragi. Trus ragi to anggone pengembang, trus dadiange roti. Trus..pas jaman penjajahan pidan, di Perancis nake kan perang…nah…prajurit ane perang to kan perlu ngajeng, ngabo yo roti. Tapi roti ane bentukne bulet ane caro gae Iluh ne sukeh aboe, trus..gantie bentukne dadi roti lantang. To suba ane adane roti Perancis, Baguette, ane gae Iluh malunan. Bapak inget sing?”

Demikianlah sisipan sejarah roti baheula yang saya jelasin ke bapak. Teknik roti jaman baheula, karena tekniknya sudah dipakai sejak 3600 tahun Sebelum Masehi (katanya). Si bapak cuma ngangguk-ngangguk sama senyum aja 😀

Intinya saya senang, usaha saya selama 5 hari ini berhasil. Rotinya sempurna. Roti sourdough namanya 🙂

Raginya saya buat dari cuma campuran tepung dan air, trus selama lima hari ini dua kali sehari, pagi dan sore, saya kurangi dan tambahi tepung dan airnya dan diaduk-aduk. Gak susah dan gak makan waktu. Cuma diingetin aja jamnya.

Ini penampakannya di hari pertama.

20180112_153114

Di hari kelima, raginya sudah aktif dibuktikan dengan gelembung-gelembung karbondioksida yang nampak dan adonan raginya sudah naik.

20180117_075618

20180116_230930

Kemudian, saya gunakan ragi yang aktif ini sedikit saja (bagian ini disebut juga sebagai starter-nya atau biangnya) untuk kemudian dicampur tepung, diuleni dan dibuat roti seperti biasa.

20180117_123658

20180117_163206

Menariknya, setelah dicampur dengan tepung dan diuleni..adonannya cepat banget kalisnya dan kenyal banget. Ini pertama kalinya saya berdebar-debar pas nguleni tepung. Satu-satunya kata yang pengen saya ucapkan yaitu “SEMPURNA”. Seneeeng banget! Rasanya luar biasa! Beda sama hasil dari ragi instan yang dibuat pabrik itu.

20180117_164236

Eh, eh tapi tunggu dulu..ini bukan berarti saya gak suka sama buatan pabrik. Cuma baru ngerasain bedanya aja. Yang buatan pabrik emang cocoknya untuk roti-roti yang rasanya tawar dan yang mau ragi jadi secepatnya (instan). Sedangkan ragi buatan sendiri ini selain lama dibuatnya ditambah juga rasa dag dig dug duer nungguin sambil bertanya-tanya “berhasil atau enggak, berhasil atau enggak?” dan ketika berhasil…hasil rotinya itu ada rasa asamnya yang didapat dari hasil fermentasi alami tepung gandum nya tadi. Makanya namanya sour (asam) dough (adonan) = adonan asam (-atau adonan yang difermentasi sehingga menghasilkan rasa asam).

Liat lagi indahnya gelembung-gelembung karbondioksida di ragi yang sudah mature dan siap dipakai ini 🙂

ragi

dan roti berikutnya yang saya hasilkan, demi pengen roti sourdough yang bolong-bolong 😀

DSC_3842

Trus pas buat ragi, sisa ragi yang belum matang yang harusnya dibuang…saya buatin banana bread dengan isian coklat dan taburan walnuts, nyami ^_^ Lumayan bisa dibawa buat odalan di pura kemarin.

DSC_3808

dan rotinya lumayan dibikin sandwich untuk bekal kerja 🙂

sandwich

Cukup bereksperimentasi-nya, pada link berikut adalah penjelasannya secara detail dan sedikit ilmiah yang saya dapat dari hasil googling sana sini. Demi kepuasan sendiri aja sih sebenarnya, memuaskan rasa ingin tahu saya. Bagi yang pengen tau juga, silahkan dibaca-baca. Tapi saya bukan ahli biokimia atau sebangsanya ya..

Saya, saya hanyalah butiran debu di padang pasir nan luas 🙂

One thought on “Roti jaman baheula

  1. Pingback: Tentang Ragi dan tepung Gandum | Tyang Luhtu

Comments are closed.