Surat untuk Edes

Dear Edes,

Akhirnya aku ke Bengkulu. Aku sengaja gak bilang sama mamak, sama oka sebelumnya. Biar aku bisa menikmati waktu mencarimu. Setelah sekian lama..

Waktu pesawat menyentuh tanah Bengkulu, air mataku aku tahan-tahan. Ingat, kalau Edes masih ada…pasti udah loncat-loncatan bilang “”Putuuu..puttttuu” gitu, kayak dulu waktu di kampus. Sejauh apapun aku, edes pasti teriak begitu.

Aku sempat hilang semangat waktu jalan di sepanjang jalan..bertanya ke orang-orang alamatmu. Malah ada rumah dengan alamat yang sama. Orangnya aja bingung. Sampai aku bilang dalam hati “des..tunjukin aku rumahmu..”. Trus ajaibnya, beberapa menit kemudian, aku lihat gambar laundry-mu! Rumah Laundry. Rumah lengkap dengan smiley-nya. Waktu itu edes pernah kirim ke aku desainnya. Aku masih ingat. Seneeeng banget rasanya.

Aku akhirnya ketemu mamak yang lagi tiduran di kamarnya, beliau lagi sakit waktu itu. Sakit mata, Matanya bengkak sebelah. Tapi sekarang udah sembuh des. Gak tahan, air mataku langsung jatuh..aku peluk mamak “Mak, ini saya..Putu..”. Mamak juga waktu itu langsung nangis.

Trus datang oka, aku dipeluk dan dia dengan gaya premannya bilang “mbak putu, masih tinggi aja”. Dasar si oka! 😀

Lega akhirnya aku bisa ke tempatmu Des.

Tapi, entah kenapa..setiap gerak gerik oka setelah hari pertama, setelah aku datang ke makammu..aku lihat oka mirip Edes. Sumpah! cara ngomongnya, cara jalannya, gerakan bibirnya pas makan, semuanya.

Cem mano lah.. ambo pusiang liatnyo!

Apalagi, pas hari terakhir pas aku mau balik itu..pas oka teriak “mbak putuuu..udah belum?”. Sumpah, aku denger suara Edes waktu itu. Aku gak denger kata “mbak”-nya. Aku dengernya “Putuuu..udaah belum?”. Sampe aku salah tingkah sama Oka des. Sumpah.

Ngapo des?

Trus kalo aku ingat-ingat lagi, yang Edes pengen itu..supaya aku ketemu mamak “mumpung emakku masih hidup“, itu kan pesanmu. Bukan untuk bertemu denganmu.

Ah..yuk, yukk..ambo sedih niaan kalo inget ayuk edes..

Oka sama Inda nemani aku jalan-jalan di Bengkulu. Mamak masak banyak nian. Aku dibekali petai, jengkol, kopi, teri, kue Tat, lempuk, dan banyak lagi ke Bali. Di jalan ke bandarapun aku dibelikan ketan dalam bambu yang dibakar itu. Oka belikan duren tembaga, katanya paling enak. Aku juga diajak lihat bunga Raflesia. Ke pengasingan bung Karno, ke rumah bu Fatmawati, ke benteng Marlborough. Dan menemani Oka minum kopi di tempat kesukaanmu dulu di pantai panjang.

Ah iya, aku juga ketemu Ayah. Aku ngobrol sama herman, sama anakmu Sultan juga lewat whatsapp. Sultan, ya ampuun ganteng banget des!. Baik dan sopan. Langsung akrab sama aku. Dang Lin nelpon dari Palembang. Yanto juga tiap saat mastiin aku baik-baik di rumah, dia malah pesan “mbak, kalo mbak mau jalan-jalan sendiri..pake mobil yang itu mbak..itu mobil Yanto”. Duh dek baik banget, tapi sayangnya mbak sampe sekarang belom bisa nyetir. Gimana mau bawa mobil? 😉 Untung ada Oka yang bisa nyetirin, bisa ngajak aku jalan-jalan.

Mamak juga ngasih aku antingmu. Mamak bilang “Putu..ini punya Dedes. Sekarang putu saja yang simpan ya..”

cincin.png

Setelah aku ingat-ingat, ini anting..anting yang sama waktu Edes tunjukin ke aku di kamarku dulu di Jogja. Kamar pertamaku. Awal semester dan kita masih baru kenal. Lupa-lupa ingat, tapi Edes bilang “tu, aku dikasih emak anting ini. Aku gak suka pake anting tu apalagi yang emas. Kalo putu mau, pake aja tu..”. Tapi waktu itu aku tolak.

Dan sekarang, anting yang itulah yang aku terima dari mamak.

Kok bisa ya des? Mamak gak mungkin tau soal ini. Mungkin cuma kebetulan!?

Ah..yuk..yuk..ngapo pegi yuk?

Tapi apalah kuasaku. Doaku sekarang, semoga kau bahagia dan mendapat tempat terindah di sana.

20170723_103126.jpg

Bobok yang tenang ya des, lipstiknya sudah aku bawain kan 🙂

I love you.

Idak lupo ambo share foto ambo samo mamak 🙂

mamak.png

Makasih mamak dan Oka. Sehat selalu ya.. Untuk Oka, yang setrong ya dek dan tetap semangat pokoknya! Lain kali bagi resep sambalnya ya ka 😀

Edes sama Inga, jagain mereka dari sana ya.. cup muah :*