Akhirnya, berenang!

Pertama-tama mau ngucapin makasih buat adik Komang yang dulu, duluuuu banget mau gitu ngajarin kakaknya berenang. Jaman tahun 45an kayaknya, waktu saya masih seger :D. Di kolam, di tiara dewata. Hasilnya, bisa ngambang dan seluncuran di air, tapi berenang yang asli gitu belom bisa. Diajarin lagi, dan lagi…tetep aja mentok di ngambang doang (ngambang yang telungkup itu).

Nah, pas diajarin renang sama Lenchen di Jerman itu, sama juga…ga ada peningkatan waktu itu. Yang Lenchen-nya semangat biar saya bisa, saya juga semangat..tapi..entah kenapa tetep mentok di ngambang doang.

Kemarin pas Lenchen ama Niels ke Bali, kami ke pantai Sanur. Saya yang ga siap dengan pakaian renang, dipaksa berenang sama mereka. Alhasil, pake pakaian seadanya (kata Lenchen, gpp..anggep aja bikini! untunglah cuma kami bertiga di sekitaran pantai waktu itu, di saat matahari bersinar sangat terik 😀 saya udah ngerasa Bule ajah itu) akhirnya diajarin sama Niels teorinya renang dari teknik ngambang yang wajahnya ngadep ke atas itu. Lenchen ngajarin renang gaya kodok, eh katak, eh..apa kodok yak!? ya pokoknya yang jenis inilah. Dan tetap saya cuma berakhir di -> ngambang telungkup.

Singkat cerita, sampai akhirnya saya diajakin sama mereka belajar renang di kolam renang di hotel tempat mereka nginep. Puncaknya itu waktu Niels bilang “Kamu perhatikan baik-baik, kalau kamu ngambang di air kolam..badanmu berat, kalo aku lepas sekarang kamu bakal tenggelam. Tapi kalo di air laut, kamu rasakan badanmu lebih ringan“. Spot on! Udah, itu doang. Buat saya itu sesuatu banget. Kata-kata yang menyadarkan gimana air laut dan air kolam memperlakukan saya (haiyaah!)

Setelah itu, saya pikir-pikir lagi ucapannya. Dan, setelah mereka balik lagi ke Jerman, saya main lagi ke pantai Sanur (cari kolam gratisan 😀 kolam ciptaan Tuhan..hehe). Dan, waktu itu..saya langsung rebahin diri kaya’ waktu dipegangin sama Niels, wajah ngadep ke atas gitu dan…………langsung ngambang! Beneran! Trus pas ta balik badan dan gerakin tangan..saya langsung aja bisa. Bisa renang! Besoknya ke sana lagi, trus nyoba gaya katak/kodoknya Lenchen. Di waktu berikutnya lagi, udah bisa. Trus, ganti gaya bebas. Tekniknya liat di youtube dulu. Trus..udah. Gitu aja.

Jadi mereka di Bali itu bulan Oktober tahun lalu, 2016. Saya latihan sendiri ke pantai itu, kira-kira 6 kali lah…ditambah masa-masa mengecewakan dimana pas saya udah nyampe, eh ternyata air laut lagi surut. Pernah juga pas air laut pasang dan berombak. Tapi namanya usaha yak, dinikmati aja susah senangnya.

Dan akhirnya weekend kemarin saya snorkling di Blue Lagoon di Karangasem, sama anak-anak Perancis yang lagi intership itu. Untung ada mereka! 😀

Belum profesional, tapi…saya yang udah bisa snorkling lengkap dengan fins, tanpa guide dan tanpa life jacket itu ngerasa yang bener-bener sesuatu banget! Ngerasa punya pencapaian yang bener-bener luar biasa!

“Kalau mau, pasti ada jalan, pasti bisa!”

Overall, makasih buat semuanya yang sudah mendukung saya ya..khususnya buat Omang, Lena&Niels ❤